Kamis, 05 Februari 2015

EFI (Electronic Fuel Injection)


 

Assalamu'alaikum wr.wb
       Dipostingan pertama ini saya ingin memberikaan pengetahuan tentang EFI ( ELECTRONIC FUEL INJECTION ). apa itu EFI? mari kita bahas bersama...

ok.. Pertama kita harus tahu dulu apa pengertiannya.. Silahkan dibaca dibawah ini....

1. PENGERTIAN EFI ( ELECTRONIC FUEL INJECTION )
      EFI adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel Injection. Adapun pengertian dari EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta dengan gas buang yang ramah lingkungan.

Komponen Utama Sistem EFI

      Sistem EFI terdiri atas tiga sistem utama, yaitu sistem bahan bakar, sistem induksi udara, dan sistem kontrol elektronik. Sistem bahan bakar terdiri atas tangki, saringan bahan bakar,pompa bahan bakar, pipa penyalur, pressure regulator, pulsation damper, injektor, cold starter injector dan sebagainya. Sistem bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar:

Pompa bahan bakar
      Pompa bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injektor – injektor. Pompa bahan bakar yang digunakan adalah pompa bahan bakar listrik.

Fuel pulsation damper
      Fuel pulsation damper akan menyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi. Tekanan bahan bakar dalam intake manifold dipertahankan oleh pressure regulator.

Pressure regulator
      Pressure regulator mengatur tekanan bahan bakar ke injektor – injektor. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan diatur oleh sinyal yang diberikan ke injektor sehingga tekanan harus tetap pada tiap – tiap injektor. Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat, tekanan bahan bakar dan kevakuman pada saluran masuk harus dipertahankan kurang lebih pada 2,55 kg/ cm2.

Injektor
      Injektor adalah sebuah nosel elektromagnetik yang kerjanya dikontrol dengan komputer. Injektor dipasang dengan sebuah heat insulator pada saluran masuk atau pada kepala silinder hyang dengan lubang pemasukan.

Cold start injektor
      Cold start injektor digunakan untuk menghidupkan motor pada saat suhu motor masih rendah. Injektor ini dipasang pada bagian tengah ruangan udara masuk. Injektor bekerja hanya pada saat start bila temperatur air pendingin dibawah 22 derajat celcius.

     Sistem induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran; terdiri atas saringan udara, air flow meter, throtle body, katup udara dan sebagainya.

Throtle body
     Throtle body terdiri atas katup throtle untuk mengontrol udara masuk, sebuan sistem by pass udara yang mengatur aliran udara pada putaran idel, dan sebuah throtle position sensor untuk menyensor kondisi terbukanya katup throtle.

Katup udara masuk
      Digunakan untuk fast idle yang bekerja oleh bimetal dan heat coil untuk menambah putaran motor sewaktu motor dalam keadaan dingin. Katup udara dipasangkan pada permukaan samping kanan kepala silinder. Jika putaran fast idel selama pemanasan tidak stabil atau rendah maka hal ini antara lain disebabkan oleh kesalahan pembukaan katup udara.

Air flow meter
      Air flow  meter mendeteksi jumlah udara yang masuk dan mengirimkan sinyal ke komputer yang menentukan dasar jumlah injeksi. Air flow meter terdiri atas plat pengukur, pegas pengembali, baut penyetel campuran idel, sensor panas udara masuk dan switch pompa bahan bakar.

      Sistem kontrol elektronik mempunyai bermacam – macam sensor yang terdiri atas air flow meter, senor air pendingin, sensor posisi katup gas dan sensor udara masuk. Sistem ini juga dilengkapi dengan komputer yang menentukan lama kerja injektor. Kelengkapan yang lain adalah main relay yang menyediakan tenaga ke komputer,  circuit opening relay yang mengontrol kerja pompa bahan bakar dan sebuah resistor yang menstabilkan kerja injektor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar